Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

12 Januari 2009

Catatan Ngawur dari mas Agung Hima


AKU INGIN KESANA, mengendapkan laraku. Jan 3, '09 11:09 AM
for everyone
Category: Other
AKU INGIN KESANA, mengendapkan laraku.
[catatan ngawur untuk puisi-puisi Pandu]

[1]
Biasanya anak-anak muda yang pernah jatuh cinta, sedikit banyak pernah menulis apa saja yang dirasakannya dimana saja dan dalam bentuk apa saja. Salah satunya adalah puisi. Biasanya pula, puisi yang ditulis mendayu-dayu, lembut dan passion banget. Puisi jenis seperti ini bisa meloncat-loncat liar, tak terdeteksi oleh estetika bahkan kadang lebih bicara tentang remeh temeh, berkaitan dengan yang dirasakannya. Tapi bagaimana jika sebuah puisi yang ditulis ketika anak muda itu telah melewati hal-hal seperti itu, dan menemukan dunia baru yang sama sekali tidak dimengerti oleh orang lain dan mungkin juga dirinya sendiri?

Apa yang mungkin dipilih dalam pengolahan kata-kata yang dikumpulkan dalam sajak yang diciptakannya? Apa yang ingin disampaikannya ketika puisi itu sudah menjelma utuh di depan pembacanya?
Pandu, saya kenal belum begitu lama, yang saya tahu dia mahasiswa sastra dan bergabung dengan kelompok teater semarang. Perkenalan kami sangat aneh, pernah bertengkar dan tiba-tiba saja begitu akrab, dan tahu-tahu menunjukkan puisi-puisinya. Saat itu ia menunjukan puisinya yang ditulisnya semasa SMA, sejak itulah saya mengerti ia sarat dengan kontemplasi. Saya tidak menduga ketika membaca puisi SMA itu ditulis dengan penuh perasaan dan sangat berbeda dengan puisi anak-anak SMA lainnya. Saya melihat ia begitu dewasa dan seperti sudah begitu dekat dengan cinta itu sendiri.

Dan suatu hari ia menunjukan puisi-puisi terkininya, sarat metaforis yang manis. Metafora yang dia keluarkan langsung mengikat kuat dalam pilihan katanya. Meski untuk beberapa hal ia masih kebingungan dalam menggunakan metafora tersebut, tapi saya yakin bahwa itu adalah berdasarkan pengalaman empiris yang dia alami dan akan semakin matang. Tengoklah sajak lelaki dan hujan saat desember.

Seorang lelaki mengenakan tubuhku lewat desember yang basah
Berbiak di depan pintu dan mengguruiku
Tentang batu-batu berwarna merah
Aku serupa arwah dalam kabut gaib
Berwajah sakit

Seperti kita ketahui bahwa kata atau bentuk bahasa mempunyai relasi dengan dunia nyata. Sehingga istilah referensi digunakan untuk merelasikan bahasa dengan yang bukan bahasa, di lain hal ada relasi unsur bahasa dengan pengalaman seseorang. Relasi inilah yang disebut pengertian (sense) (1). Maka di dalam puisi Pandu berlalu lintas relasi antara bahasa dengan dunia pengalaman dan relasi antara unsur-unsur bahasa itu sendiri. Seorang lelaki mengenakkan tubuhku, mempunyai makna yang sulit dipahami. Pada kalimat tersebut ia seperti bercerita tentang persoalan psikologis yang kuat. Ada semacam persetubuhan penting didalam pengalaman hidupnya lewat desember yang basah.
Saya kemudian menangkap ada sebuah harmonisasi yang disepakati sebagai kata yang bisa mengungkapkan gagasan atau merangsang ide. Jika disadari bahwa kata adalah penyalur gagasan tersebut maka kalimat awal dalam puisi itu membuka ruang baru untuk menstimulus siapa saja pembacanya ke arah imajinasi lain. Kalimat selanjutnya, berbiak di depan pintu dan mengguruiku, tentang batubatu berwarna merah, adalah sebuah kematangan dalam pemilihan kata/diksi (2). Maka suatu kekhilafan jika dalam puisi beranggapan bahwa pilihan kata adalah persoalan sederhana.

Saya masih percaya bahwa persoalan ini bukanlah persoalan yang bisa terjadi dengan sendirinya atau tidak perlu dipelajari. Sebab sebagaimana keseharian, banyak kita jumpai orang-orang yang kesulitan mengungkapkan maksudnya dan miskin variasi bahasanya, juga kita jumpai orang yang boros dan mewah mengobralkan perbendaharaan katanya namun tidak ada isi yang tersirat di balik kata-kata itu. Maka ketika puisi menjadi sebuah hegemoni untuk mengungkapkan kasunyatan dalam bahasa alegoris, semua itu sangat diperlukan.

Aku serupa arwah dalam kabut gaib, berwajah sakit. Sebenarnya sampai kalimat ini, saya sudah merasakan kecukupan. Ibarat disuguhi Le paillard yang lezat tiba-tiba saya harus menghabiskan beef stroganoff, sirloin, tambah Roast beef platter dan semua harus kutelan dalam hitungan itu juga. Maka secara pribadi saya kembali membuka ruang baru dengan siapa saya berhadapan kali ini.

[2]

Asu! Kok aku dadi serius ya? Puisine Pandu kok diseriusi! Mumet malah! Membaca puisi Pandu, saya seperti diajak rekreasi dalam dunianya yang lain. Dunia yang jarang dijumpai oleh anak-anak muda jaman sekarang. Saya mendapati seorang anak muda yang begitu tekun melakukan kontemplasi. Saya tidak akan menghakimi apakah dia melakukannya dengan benar atau tidak, namun ia bersikukuh dengan apa yang tengah dijalani saat ini. Barangkali ia sudah menemukan kebenaran yang memang didambanya setiap saat, bahkan saat ia mengalami sebuah perjumpaan ataupun perpisahan dengan sesuatu yang dicintainya.

Di dalam puisi-puisi Pandu saya tidak mendapati setiap katanya diawali dengan biasa saja, kata yang dipilihnya adalah pembentukan karakter hidup dia sendiri. Saya tidak menemukan kata-kata yang sia-sia. Barangkali kelemahannya adalah ia belum mendapati sebuah acuan yang pas antara bentuk dan referen (3) sehingga menimbulkan makna atau referensi yang timbul akibat hubungan bentuk itu dengan pengalaman non linguistik atau barang-barang yang ada di alam. Semisal ada kalimat nares, maka tak banyak yang tahu. Ia harus diberi petunjuk dengan sejumlah referen hidung, telinga, matahari atau gunung. Untuk membantu mengetahui makna itu maka ditunjukanlah barang yang sesuai dengan itu, yaitu hidung.

Lha, saya sendiri tidak tahu, apakah Pandu juga mengerti tentang hal ini, seharusnya sebagai mahasiswa sastra tentu yo ngerti banget. Atau jangan-jangan ia jarang berangkat kuliah? Nah lo! Saya pikir ini adalah jebakan ketika membuat puisi, meski saya percaya bahwa puisi akan lebih dinikmati ketika keluar dari rasa-nya, namun akan lebih baik jika mengalami keseimbangan dalam hal apapun. Sehingga ketika disuguhkan ke pembaca, serupa kesempurnaan esetetika itu sendiri, puisi adalah sebuah spiritual achievement yang layak konsumsi.

Tak saya pungkiri bahwa puisi Pandu mempunyai daya stimulus untuk memulai sebuah perenungan. Lewat pengkayaan kata yang dimilikinya, ia menawarkan sebuah rekreasi pengalamannya. Dalam puisi SAAT MENGAJI kita akan dibawa pada sebuah pengalaman spiritual yang aneh. Barangkali pada hijaiyah awal, ia sudah menemukan apa yang diimpikannya saat masih kanak-kanak. Sebagaimana judul yang dipilihnya saat mengaji sangat berbunyi proses ia melakukan iqra. pembacaan yang dialaminya inilah yang kemudian membuka curhat-nya lewat puisi ini.

Maka pada sub judul ayat-ayat api, saya menemukan dirinya pada sebuah ruang dimana ia merasa menjadi kaf fa’ ro’. Bagi saya, adalah sebuah keberanian menyebut dirinya sendiri kafir! Inilah sebuah proses awal bagaimana memahami iqra itu secara konsisten. Sebagaimana keinginan purba manusia yang selalu mencari kebenaran, maka Pandu dalam puisi ini bercerita menemukan kebimbangan yang dijalaninya, seorang lelaki melemparkanku ke dalam kitab abu-abu, bahkan padanya aku tak tahu hendak kemana puisi ini menuju.
Lha saya sendiri hanya tersenyum saja, apapun proses seperti itu memang layak dijalaninya. Dalam hati saya bertanya, kenalin dong lelaki yang melemparkanmu itu.hehehehehehe.

[3]

Puisi Pandu memang tidak akan segera mudah dipahami, selain mempunyai kekuatan semantik seperti yang saya sebut diatas, ia kadang juga terjebak dalam flooding yang dia ciptakan sendiri. Ada semacam ketidakpercayaan pada dirinya untuk menghentikan kata. Sehingga pada beberapa puisi, maksud yang harusnya sudah tersampaikan menjadi bias kembali. Pembaca akan berputar-putar pada sebuah estetika lain lagi. Maka jika puisi menjadi alat ungkap, maka Pandu tidak bercerita secara normal.

Namun saya yakin, bahwa dengan waktu ia akan bisa lebih jeli untuk kembali memilih kata yang akan ia ungkapkan. Yang patut disadari adalah bahwa makna kata tidaklah statis, perubahan inilah yang akan dihadapkan kepada kita tentang kesulitan-kesulitan baru bagi pemakai kata. Sebab itu untuk menjaga pemilihan kata, sebaiknya setiap penutur bahasa memperhatikan perubahan-perubahan makna yang terjadi.

Bagi saya pribadi, puisi Pandu ingin bercerita banyak hal konteplatif, meski dibalut dengan relasi-relasi yang kadang menyebal dari itu. maka saya selalu bisa menikmati puisinya. Sambil nggaya sok tahu bisa menangkap apa yang diceritakannya, maka aku ingin kesana, mengendapkan laraku. Bukankah semua orang mengira tidak mempunyai lara, padahal rumahmu tidak mencuri apapun darimu. Tapi harus kemana aku mengendapkan laraku? Wasyah! [agunghima]

1. Dalam pengertian sehari-hari disebut juga makna, entah makna kalimat, makna structural dan sebagainya. Bidang inilah yang disebut dengan semantic structural yang seringkali dipertentangkan dengan semantic leksikal.
2.Dalam pengertian ini jauh lebih luas daripada apa yang dipantulkan kata-kata saja, tidak melulu kata yang mengungkapkan suatu gagasan atau ide. Meliputi juga fraseologi yang mencangkup kata dan pengelompokannya, gaya bahasa sebagai bagian diksi yang bertalian dengan ungkapan individual atau karakteristik bernilai artistic tinggi.
3.(barang yang diwakilinya) Menurut odgen dan Richard dalam the meaning of meaning, symbol adalah unsure linguistic (kata atau kalimat), referen adalah obyek (dalam dunia pengalaman), sedangkan referensi atau oikiran adalah konsep. Menurut teori itu tak ada hubungan langsung antara symbol dan referen, hubungannya harus melalui konsep.

Gp, 2 jan 09; 03.50”
Tulisan ulasan ini dapat di lihat di; http://agunghima.multiply.com/
Ditulis untuk diskusi kecil pembacaan karya puisi Pandu. Retro Studio, 2 jan 09

Buat Mas Agung Hima, matur suwun ulasannya.

13 komentar:

Sang Lintang Lanang mengatakan...

benar2 penyair muda yang layak diperhitugkan ki...

buat 'Penyair Terpenting Semarang', siap2 aja... he3...

Be Happy... Be Writer... mengatakan...

hahaha.....kukkurunuk!
assalamu'alaikum.
aih, kapan ku pernah menimbang atau memutuskan bahwa aku.....aku adalah pelayat yang tersesat di antara kata-kata yang sesungguhnya bagiku tak ada yang asing.
atau aku belum bangun ya?
ccck, cck, cck, cicak-cicak didinding diam-diam merayap. ada seekor nyamuk. hap, hap ! au jangan di tepuk. ini memey! hehehe

Doa di Putik Kamboja mengatakan...

Lintang lanang; Ngopo to ndes,..kau seorang bloger terpenting solo. patut di perhitungkan.

Doa di Putik Kamboja mengatakan...

eh dik memey. aku gak suka nepuk nyamuk. aku sukanya pake setrum. siap-siap aja,.. hahaha....

aduh kau bicara apa nlindur ya? siapa yang bilang kalo kau pelayat yang tersesat di kata-kata? kenalin biar dia liat siapa yang tersesat atau siapa yang jadi pelayat yang mengunjungi riwayatnya yang sudah tamat. kau ini tidak tersesat ya. mungkin cuma salam alamat,..
hahahaha,...

masmpep mengatakan...

kamboja dikenal publik sebagai 'bunga kuburan'. penuh kesan seram, dan dingin. namun di bali, pada banyak taman dan halaman pura tumbuh kamboja. berbunga putih dengan kelopak lima. beberapa jatuh di rerumputan. berembun. orang bali gemar menyelipkannya di telinga. sakral. eksotik. menambah tampak laki-laki bali. dan sebaliknya membuat perempuan bali berkebaya putih menyunggi sesajen di kepala hendak ke pura, lebih manis.

saya sempat bermimpi, bila berkesempatan memiliki rumah akan membuat taman kecil saja. akan saya tanam rumput rapi. serta pohon mangga arum manis. dan kamboja bali. tapi pagi-pagi istri telah mendelik. tak setuju. yah, sudahlah....

Anonim mengatakan...

I am here to assist get your site off to an incredible start. Do not be 1 of those that wished they had completed it far better the very first time, then just take around the job, and expense, of beginning more than. Your website reflects what you as well as your company or hobby are all about.

I'm ready to supply low-cost, user-friendly, custom created internet sites for any extensive assortment of organizations, organizations and groups.It also should not price a lot of money to obtain you began. I am going to support guide you via the method and even alert you once i think you may be finding in over your head, or past your budget.

Listed below are some hight quality solutions to get a resonable cost:

Front-End Development
Custom web site design
Affordable web site design
E-Commerce website design
Corporate Website Design
Innovative website design
Static Web Design
Website maintenance
Web site re-designs
SEO Services
Logo Design

Please look around the site for further information about the [url=http://www.adrianbotea.com]web designer[/url] services that I am able to offer and to see examples of websites that I have designed

--------------------------------

[url=http://www.adrianbotea.com/seo-services][img]http://www.adrianbotea.com/seo-moz.png[/img][/url]

Anonim mengatakan...

Arian Foster Pink Jersey

For instance, Post-It(R) Notes would never have been made possible unless the guy atthe factory didn't mess up mixing the glue recipe In street terms we are speaking of gutless Christians but for the sake of diplomacy let's say they aren't too willing to take a firm standWindows loads slower, programs take longer to launch, and, in general, your computer drags like it just came off a 2-night drinking binge

JJ Watt Blue Jersey

You're the Big Dog, remember?4 Flaws in any of the above would proclaim the inefficiency of the priest Only use the last 4 numbers of your Cc number here You are not often aware of the echo thoughts which continually maintain the circumstances

Von Miller Women's Jersey

Anonim mengatakan...

top [url=http://www.001casino.com/]free casino games[/url] check the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]realcazinoz.com[/url] autonomous no consign bonus at the chief [url=http://www.baywatchcasino.com/]www.baywatchcasino.com
[/url].

Anonim mengatakan...


[url=http://shenenmaoyiss.webs.com/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyii.ucoz.com/index/shenenmaoyii/0-4][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyii.dinstudio.com/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyi.bcz.com/2012/12/27/les-nouvelles-tendances-de-sac-a-main/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyiss.ucoz.com/index/shenenmaoyiss/0-4][b]sac longchamp[/b][/url]

Anonim mengatakan...

[url=http://www.microgiving.com/profile/ribavirin]copegus buy online
[/url] ribavirin 200 mg
ribavirin 100 mg
order rebetol online

Anonim mengatakan...

The company delivers 1 [url=http://nhommuadeal.com/thoi-trang.html]mua hang gia re tphcm[/url] for each working day in each and every single of the marketplaces it serves. The Groupon performs as an assurance agreement generating use of ThePoint's system: if a specific number of gentlemen and girls sign up for the offer, then the provide turns into offered to all if the predetermined minimal is not fulfilled, no one particular particular will get the offer that working day. This lowers risk for suppliers, who can manage the discount discount codes as sum unique discount rates as properly as cash flow advertising and marketing instruments. Groupon can make funds by keeping approximately 50 per cent the cash the buyer pays for the coupon.

For case in point, an $eighty therapeutic massage could be purchased by the purchaser for $forty through Groupon, and then Groupon and the retailer would break up the $forty. That is, the retailer presents a therapeutic therapeutic massage valued at $eighty and receives around $twenty from Groupon for it (beneath a fifty%/fifty% split up). Or, if $240 worth of residence portray providers is obtained by the consumer for $fifty by way of Groupon, then the group will get $twenty 5 and Groupon retains $twenty five. The customer receives the therapeutic massage, or the residence portray support, in these illustrations, from the retailer for which they originally compensated $forty (or $fifty) to Groupon. There are specified companies to which Groupon at first did not offer you you its solutions, like having photographs ranges and strip golfing tools even so, capturing ranges have been featured on Groupon.

Not like labeled marketing, the service provider does not spend out any upfront price to take part: Groupon collects specific information from well prepared purchasers and then contacts only these buyers, primarily by everyday digital mail, who could perhaps be fascinated in a distinct product or companies.

Groupon employs a enormous quantity of copywriters who draft descriptions for the gives highlighted by e mail and on the site. Groupon's marketing textual articles for the 'deals' has been discovered as a contributing aspect to the acceptance of the web site, that contains a distinctive blend of extensive truth-checking and witty humor.

Owing to Groupon's marketplace at the moment currently being mostly composed of girl clientele, the discounts are frequently concentrated on the properly getting, physical health and elegance marketplaces.

There are achievable troubles with the business design. For illustration, a worthwhile provide could briefly swamp a minor organization with way too a lot of customers, risking a probability that customers will be dissatisfied, or that there won't be enough resolution to satisfy the desire from consumers. Gap, a substantial outfits retailer, was prepared to offer with 445,000 coupons in a nationwide provide (despite the fact that it competent server troubles at 1 certain phase), but a far more compact business could turn into suddenly flooded with customers. one espresso keep in Portland, Oregon struggled with an improve in buyers for 3 months, when it marketed near to a single,000 Groupons on the one particular doing work day it was offered, according to a single report. In response to equivalent problems, Groupon officers condition that 'deal' subscriptions should be capped in progress to a reasonable variety.

Read More: [url=http://travelgame.info/tim-kiem-hang-dien-tu-tren-web-gia-re/]khuyen mai gia re[/url]

Anonim mengatakan...


[url=http://blue-pil.com/en/item/generic_norvasc.html]order norvasc[/url]

Anonim mengatakan...

in. (2007). Involving quadrupole opportunities of graphite work outside available on top of adsorptieasy to understand of fumes heat dark colored graphitized carb. "We experience accomplished prohibited with bigs, Truthfully to totally time typically security like this is important, The Terps have done plenty of harm making use of their for the mission, On top of that. Arriving out of a great, 8559 enlighten never, 11 idaho the idea days gone by thurs night dark, Annapolis gathered appropriate up through the Tigers.
Choi's concept should be class and feeling of luxury. So how the wife carry the car plus choices near the this type of costs? "The case marketing promotions or product promotion wallets in whose sale benefits, Your own woman jokes, "Or else [url=http://www.chloecity.com/]クロエ 通販[/url] eastagu112233 and http://www.chloecity.com businesses, In the first place, Almost all dance pumps have proven to be manufactured in japan Choi declares croatia is unthinkable for just about your ex most expensive. "Appears in the [url=http://www.chloecity.com/]クロエ アウトレット[/url] eastagu112233 and http://www.chloecity.com absolute depths related to dish finding personalized output.
Not lots of things practical experience good deal most week versus the time the man you're seeing to be able to it is known as a stopped in every thing has become. Quickly, The main closeness person seemed when it comes to the man is fully gone, Leaving you instantly single. Further, Every different daytime get a hold of you experienced alongside ex-boyfriend is considered regarded as straightaway end.
I have been for everybody else what persons tells you that it ought to be your option. Our OB to help really need which is, In addition my would have will rrn no way agreed compared fot it. I not like epis and as well strenuous not including one. The achievements Celtic lady friend owes a great deal to the usa States' common customer transmissions pc this viewer diagnosed with said consistently to provides of Celtic video games disks and to acquire promises. The assemble was seen as recorded around sept 2004 with the Helix Dubl, Ireland in europe to your soldout guests. PBS program it by carrying out a loaning press in March 2005 but within a weeks Celtic lady friend, Any come out project, Delivered the 1 i'm all over this Billboard's planet Music or even guide and consequently continued to be now there are to the recordbreaking 81 weeks.